4 Langkah Verifikasi, Instalasi dan Registrasi Akun Dapodik PAUD Terbaru di Karawang

Tampilan Akun Dapodik PAUD MPA Daycate yang telah terverifikasi.
Alhamdulillah PAUD MPA Daycare telah berhasil melakukan verifikasi, instalasi dan registrasi akun Dapodik terbaru (2021) dengan Akun Terverifikasi. Prosedur yang diterapkan, mengikuti arahan dari Admin Disdik Kabupaten Karawang, Bpk. Lili Gozali, sebagai berikut:

Langkah Pertama, daftarkan terlebih dahulu Akun sekolah ke Admin Disdik melalui form ini: https://forms.gle/Lr2ig93tmTNSmVSf6. Pastikan akun email yang didaftarkan melalui form tersebut, benar-benar akun email yang aktif, dan sangat disarankan menggunakan email produk Google yakni Gmail. Contoh akun email PAUD MPA Daycare: paud.mpa.daycare@gmail.com 

Dalam form di atas, ada 12 item yang harus diisi, yaitu:
  1. Nama Satuan Pendidikan
  2. NPSN
  3. Kecamatan
  4. Nama Kepala Sekolah
  5. Nomor WhatsApp Kepala Sekolah
  6. Email Aktif Kepala Sekolah
  7. Password Akun Kepala Sekolah
  8. Nama Operator Sekolah
  9. Nomor WhatsApp Operator Sekolah
  10. Email Dapodik Sekolah
  11. Password Dapodik
  12. Scan Surat Tugas Operator (Terbaru)
Setelah akun sekolah didaftarkan melalui form di atas, pastikan bahwa Admin Disdik sudah menerima akun yang didaftarkan tersebut, dan Admin sudah mempersilahkan untuk melakukan prosedur selanjutnya. Komunikasi dengan Admin Disdik biasanya melalui WhatsApp.

Langkah Kedua, lakukan verifikasi Akun Sekolah melalui link ini: https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/ Perhatikan bahwa akun sekolah adalah akun email sekolah yang telah didaftarkan melalui form di atas, yang nanti akun email tersebut akan digunakan untuk login ke Aplikasi Dapodik. Kode verifikasi akan dikirimkan ke alamat email tersebut. Karena itu, pastikan emailnya aktif dan bisa dibuka. Proses verifikasi berhasil setelah tampil halaman yang menunjukan notifikasi proses registrasi sukses.

Langkah Ketiga, setelah proses verifikasi akun berhasil, segera unduh (download) Aplikasi Dapodik terbaru, dan langsung lanjutkan dengan proses instalasi  di komputer atau laptop yang telah disiapkan hingga tuntas.

Langkah Keempat, buka Aplikasi Dapodik yang telah diinstal, dan lengkapi proses registrasi dengan mengisi semua data yang diminta. Perhatikan, untuk alamat email, yang diinputkan adalah alamat email sekolah yang telah didaftarkan sebelumnya di form di atas, bukan alamat email kepala sekolah, juga bukan alamat email operator sekolah. Password yang diinputkan pun dalam proses regisrasi ini adalah password akun sekolah yang sudah didaftarkan sebelumnya di form di atas. Jika semua prosedur dilakukan dengan benar, maka biasanya proses registrasi ini akan berhasil tanpa ada masalah.

Demikian 4 langkah Verifikasi, Instalasi dan Registrasi Akun Dapodik PAUD Terbaru di Karawang. Sebagai catatan akhir, jika semua langkah di atas telah dilalui dengan benar, maka akun sekolah dalam Aplikasi Dapodik PAUD terbaru akan tertulis keterangan Akun Terverifikasi (dengan tulisan berwarna hijau).Prosedur selanjutnya tinggal melakukan input data sesuai yang diminta dalam aplikasi Dapodik terbaru. Apabila ada hal-hal yang kurang jelas bisa ditanyakan langsung ke Admin Disdik Kabupaten Karawang.

0 Response to "4 Langkah Verifikasi, Instalasi dan Registrasi Akun Dapodik PAUD Terbaru di Karawang"

Post a Comment