Membangun Pola Asuh Anak dengan Metode Sentra


Pola asuh yang diterapkan pada anak akan menentukan masa depan karakter anak tersebut. Pola asuh yang tepat akan membentuk anak berkarakter unggul. Sebaliknya, pola asuh yang salah akan membentuk anak berkarakter kerdil. Pola asuh seperti apa yang dapat membentuk anak berkarakter unggul? Jawabnya adalah Pola Asuh Anak dengan Metode Sentra.

Sejarah Metode Sentra terpaut secara langsung dengan metode pembelajaran yang dikembangkan pertama kali oleh Pamela Phelps, Phd. di Creative School, Tallahassee Florida, Amerika Serikat sejak tahun 1970 dengan nama Metode BCCT (Beyond Centers and Circle Time). Metode BCCT ini kemudian diadaptasi pertama kali di Indonesia oleh drg. Wismiarti Tamin, pendiri Sekolah Al Falah di Jl. Kelapa Dua Wetan No. 4, Ciracas, Jakarta Timur pada tahun 1996 dengan nama populer “Metode Sentra”.

Metode Sentra bisa dikatakan sebagai metode pembelajaran yang revolusioner, dalam hal ini bagi anak usia dini. Metode Sentra adalah solusi kebutuhan bangsa akan formula “pendidikan karakter” yang bisa mengubah moral-mental-nalar bangsa ini menjadi lebih baik. Metode Sentra bahkan sekaligus menjadi jawaban konkrit atas kebutuhan pendidikan berstandar internasional yang bernuansa islami.

Kurikulum pembelajaran dalam Metode Sentra dirancang untuk diberikan tidak secara klasikal, melainkan secara individual disesuaikan dengan tahap perkembangan setiap anak. Proses pembelajaran dalam metode sentral dikemas dalam suasana bermain yang nyaman dan membahagiakan (happy learning). Untuk mendukung terciptanya suasana bermain (atau pembelajaran) yang nyaman dan membahagiakan anak, guru bersama murid duduk melingkar dengan posisi mata guru sejajar dengan mata para murid, sehingga tidak ada jarak hierarkial. Pembelajaran diberikan secara interaktif dan konkrit, dengan menempatkan murid sebagai pusat. Guru menyapa para murid dengan sebutan “teman”. Dalam Metode Sentra, pola pikir Guru bukan “akan mengajar apa kepada anak hari ini”, melainkan “akan belajar apa dari anak hari ini”. (PAUD MPA Daycare)

0 Response to "Membangun Pola Asuh Anak dengan Metode Sentra"

Post a Comment