IMD Wujudkan Generasi Sehat Cerdas dan Kuat


Inisiasi Menyusu Dini (IMD) adalah proses memberi kesempatan pada bayi untuk menyusu sendiri segera setelah lahir dengan meletakkan bayi menempel di dada atau perut ibu, dibiarkan merayap mencari puting dan menyusu sampai puas. Proses ini berlangsung minimal 1 jam pertama setelah bayi lahir.

Bagi Bunda yang sedang hamil, niatkan dari awal untuk melaksanakan IMD segera setelah melahirkan nanti, mengingat keuntungan IMD ini sangat besar, tidak saja bagi bayi, namun bagi Bunda sendiri pun manfaatnya sangat besar. Jangan lupa Bunda, keberhasilan IMD ini akan sangat menentukan keberhasilan pemberian ASI Eksklusif untuk buah hati tercinta hingga berusia 6 bulan.

Sejumlah keterangan resmi dari Kemeterian Kesehatan RI menyebutkan, bayi yang berhasil dilakukan IMD, atau Bunda yang sukses melaksanakan IMD pada si kecil, ternyata berkontribusi besar pula dalam menentukan kemudahan, keberhasilan atau kesuksesan memberikan ASI Eksklusif.

Dari banyak manfaat IMD yang bisa diperoleh, baik bagi anak maupun Ibu, beberapa diantaranya bisa disebutkan sebagai berikut:

• Menghangatkan bayi
• Menstabilkan irama nafasdan detak jantung bayi
• Mempercepat keluarnya kolostrum
• Memberikan kekebalan pada bayi terhadap sejumlah penyakit
• Mengurangi resiko perdarahan pada ibu melahirkan.

Oya Bun, sejak hamil, tiap kali pemeriksa atau kontak dengan tenaga kesehatan, jangan lupa ya pastikan, hal-hal yang berkaitan dengan rencana atau tekad untuk sukses melaksanakan IMD ini sudah Bunda tanyakan, konsultasikan atau diskusikan sehingga pada saatnya nanti Bunda benar-benar sukses melaksanakannya pada buah hati tersayang.

Untuk menambah wawasan, atau untuk menyegarkan lagi pengetahuan tentang IMD maupun ASI Eksklusif, Bunda bisa klik topik ini: IMD-Inisiasi Menyusu Dini dan atau ASI Eksklusif Itu. Tambahan, jika Bunda tidak sedang hamil, Bunda tetap bisa menjadi pelopor kebaikan generasi melalui peran serta Bunda menyebarluaskan info-info penting seputar IMD maupun ASI Eksklusif ini kepada Bunda-Bunda lainnya.

Dari waktu ke waktu, perhatian pemerintah terhadap topik sangat penting ini semakin meningkat. Di Karawang misalnya, sudah ditetapkan Peraturan Bupati Nomor 5 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Program Inisiasi Menyusu Dini dan Air Susu Ibu Eksklusif. Pada Bab IV (Pelaksanaan Program IMD dan ASI Eksklusif) pasal 6 ayat (1) disebutkan perlunya “Peningkatan Peranserta Masyarakat, Organisasi Sosial Kemasyarakatan, Lembaga Swadaya Masyarakat Peduli Kesehatan, Pihak Swasta dan Dunia Usaha dalam penyebarluasan Program IMD dan ASI Eksklusif”. 

Penyebarluasan informasi mengenai IMD maupun ASI Eksklusif sebagaimana dimaksud dalam ketentuan di atas, dilaksanakan dalam bentuk KIE (Komunikasi, Informasi Edukasi) melalui:
• Optimalisasi Posyandu dan Desa Siaga
• Pembentukan Kader, Motivator, Konselor dan Fasilitator ASI
• Pembentukan KP-ASI dan Kelas Ibu Hamil, dan
• Fasilitasi Gerakan Masyarakat Pendukung IMD dan ASI Eksklusif.

Oke Bun, mari selamatkan generasi kita dengan menyukseskan IMD dan ASI Eksklusif. Wallahua’lam.

0 Response to "IMD Wujudkan Generasi Sehat Cerdas dan Kuat"

Post a Comment